
Kasus Clearstreamolives.com
Problems :- Sulitnya memasarkan produk dengan metode tradisional
- Tingginya biaya upah pegawai dan biaya operasional
- Tingkat persaingan dengan usaha yang sejenis cukup ketat baik domestic maupun luar negeri
- Rumitnya cara pemesanan/order produk secara tradisional
Solutions :
- Clearstreamolives membuat sebuah website yang awalnya untuk mempromosikan perkebunan/pertaniannya, namun didalam perjalanannya website berkembang dengan membuka layanan penjualan produk perkebunannya secara online/shoping chart.
- Clearstream juga menjual produk yang berasal dari 3rd party olive producer atau dari usaha perkebunan olive lainnya dengan mengenakan komisi/fee.
- Clearstreamolives juga menyediakan “online newsletter” di situsnya, agar para “email subscribers” mendapatkan informasi-informasi terbaru mengenai clearstreamolives, baik mengenai produk maupun informasi lainnya.
Results :
- Peningkatan efesiensi, seperti : efesiensi waktu dalam pemesanan/efesiensi pelayanan konsumen, efesiensi operasional, dan lain-lain
- Peningkatan dalam volume penjualan dengan peningkatan penjualan melalui website sebesar $4,000
- Memperluas pasar, karena kemudahan dalam proses pemesanan produk, maka pemesan/customer bukan saja berasal dari dalam negeri tetapi dari luar negeri juga
- Dengan meningkatnya jumlah penjualan maka profit/keuntungan perusahaan juga meningkat sebesar $12,600
- Penghematan/efesiensi upah pegawai sebesar $10,000
What We Can Learn :
- Dengan mengimplementasikan E-commerce dalam bisnis dapat diambil banyak keuntungan dibandingkan metode tradisional
- Dengan E-commerce sebuah bisnis dapat memperluas pasarnya/melebarkan pasar
- Dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan/customers services dengan fitur-fiturnya
- Meningkatkan efesiensi/menurunkan biaya atau pengeluaran dan juga efektifitas baik dalam distribusi/promosi dan lain-lain
0 comments:
Post a Comment